Concern Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Prodi Administrasi Negara UPB Edukasi Mahasiswa Dengan Selenggarakan Seminar Nasional

[Tanggal Kegiatan : 12/01/2019]

Sabtu, (12/01/2019), Program Studi Administrasi Negara Universitas Putera Batam menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Membangun Sistem Pelayanan Publik yang Berorientasi pada Agenda Reformasi Birokrasi” di ruang Aula Gedung W Kampus Universitas Putera Batam. Seminar ini mengelaborasi konsep pelayanan publik dan agenda reformasi birokrasi. Irsan Hidayat selaku narasumber yang mewakili Ketua Ombudsman Republik Indonesia yang berhalangan hadir mengatakan bahwa pelayanan publik merupakan hak dasar yang dimiliki oleh setiap warga negara dan untuk mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas diperlukan komitmen yang tinggi dari aparatur negara sebagai pihak penyelenggara pelayanan publik. Sebagus apa pun sistem yang dibangun apabila komitmen dari aparatur negara sebagai penyelenggara pelayanan rendah maka pelayanan publik yang berkualitas tidak akan pernah terwujud.

Ombudsman Republik Indonesia hadir sesuai dengan amanat UU No. 37 tahun 2008 tentang Ombudsman untuk mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik agar pelayanan publik yang diberikan sesuai dengan amanat UU 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dan atau sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pelayanan. Narasumber ke-dua M. Sahir selaku Kepala Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Batam mengatakan bahwa Pemerintah Kota Batam dengan segala kemampuannya telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Batam. Hal ini dibuktikan oleh berbagai kebijakan-kebijakan yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan seperti membuat Mal Pelayanan Publik, Pelayanan Elektronik, dan menindak tegas apabila ditemukan adanya aparatur yang terbukti melakukan mal administrasi. M. Sahir juga meminta masyarakat apabila menjadi korban mal administrasi agar melaporkan langsung kepadanya atau melaporkan langsung kepada bapak walikota sembari membagikan nomor telepon genggam kepada peserta seminar.

Karol Teovani Lodan selaku pengamat pelayanan publik sekaligus dosen Administrasi Negara Universitas Putera Batam mengatakan bahwa untuk mewujudkan pelayanan  publik yang berkualitas dan sejalan dengan agenda Reformasi Birokrasi selain dibutuhkannya komitmen yang tinggi dari para aparatur, peran serta masyarakat dan Ombudsman dalam melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik, dibutuhkan juga inovasi dalam pelayanan. Inovasi ini merupakan sesuatu hal yang sangat diperlukan mengingat tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik sangat dinamis. Inovasi membutuhkan konsep, gagasan dan teknologi informasi yang dituangkan dalam kebijakan. Setelah semua narasumber selesai menyampaikan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator Timbul Dompak dan diakhiri dengan foto Bersama. Peserta seminar yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas Putera Batam dan mahasiswa dari berbagai Universitas di Malaysia tampak puas setelah seminar berakhir (B25).

Kerja Sama