Tips Bikin “To Do List” agar Lebih Produktif

[Tanggal Kegiatan : 27/09/2021]

Ada banyak manfaat mengatur waktu saat aktivitas harian padat. Tanpa manajemen waktu, aktivitas berpotensi molor dan dapat memicu stres. Bahkan, bisa mengacaukan jadwal selanjutnya. Banyak riset yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa time management salah satunya dengan membuat to do list ini dapat meningkatkan produktivitas sehari-hari. Berikut tips membuat to do list agar lebih efektif:

1. Buat To-do-list Harian Pada Malam Sebelumnya

Biasanya saat malam adalah saat menceklist to do list di hari tersebut. Setelah melakukannya, bisa langsung membuat to do list untuk hari esok. Membuat to do list seteleh mereview to do list sebelumnya akan memudahkan mengurutkan prioritas jika ada tugas yang belum diselesaikan di hari sebelumnya. Membuat to do list saat malam juga memberikan waktu lebih luang untuk memikirkan apa-apa saja yang diprioritaskan dan harus dikerjakan.

2. Mengurutkan Berdasarkan Prioritas

Sama halnya seperti membuat daftar belanjaan, apa yang ditulis diawal lebih cenderung akan kita cari lebih dulu. Begitupun untuk membuat to do list, sebaiknya menyusun berdasarkan urutan prioritasnya. Tugas yang dianggap paling mendesak diurutkan pertama agar lebih mudah diingat dan menjadi fokus.

3. Memberi Penjelasan Rinci di Setiap Tugas

Agar to do list benar-benar efektif, buatlah penjelasan rinci di setiap list tugasnya. Misalkan tugas membuat artikel, tulislah secara terperinci apa saja yang menjadi target seperti ‘menulis artikel dari pendahuluan sampai tinjauan pustaka’. Jangan hanya membuat to do list dengan hanya menulis ‘Buat Artikel’ karena justru akan membuat bingung dan tidak terarah yang justru akan membuang-buang waktu.

4. Metode 1-3-5

Metode 1-3-5 mungkin bisa dicontoh agar to do list menjadi lebih efektif diterapkan. Metode ini bisa dilakukan bagi yang cukup banyak agenda yang akan dikerjakan di hari tersebut. Maksud metode ini adalah menetapkan satu prioritas pekerjaan yang dianggap paling krusial/penting, lalu tiga tugas umum atau standar, dan lima tugas-tugas kecil.

5. Memperkirakan Waktu Penyelesaian Setiap Tugas

Agar efektif, tugas-tugas dalam to do list harus sudah dipertimbangakn waktu pengerjaannya. Apakah bisa diselesaikan dalam hari bersangkutan atau hanya berapa persennya saja. Jika melebihi waktu harian, tentu harus ada tugas-tugas yang diprioritaskan atau mempertimbangkan mengerjakannya sebagian dahulu.
Sumber: www.kompas.com

Kerja Sama