Profil

Sejarah

Universitas Putera Batam awalnya adalah sebuah Lembaga Pendidikan Komputer dan Bahasa Inggris yang berdiri pada tahun 1992 dengan nama Lembaga Pendidikan Putera Batam. Berkat Landasan yang kuat, visi yang jelas serta dedikasi yang berkesinambungan, maka lembaga pendidikan ini terus berkembang. Pada tahun 2002, berkat dukungan dari masyarakat Kota Batam serta banyaknya peminat dan pesatnya perkembangan komputer dan Bahasa Inggris, maka Lembaga Pendidikan Putera Batam ini memulai era baru menjadi Akademi Bahasa Asing (ABA) Putera Batam guna memenuhi tuntutan masyarakat akan pendidikan tinggi di bidang komputer. Pada tahun 2008, ABA Putera Batam berubah menjadi Universitas Putera Batam yang menyelenggarakan program Studi sebagai berikut:

Program Studi Jenjang Gelar
Ilmu Hukum S1 S.H.
Manajemen S1 S.M.
Akuntansi S1 S.Ak.
Ilmu Komunikasi S1 S.I.Kom.
Bahasa Inggris D3 A.Md.Li.
Sastra Inggris S1 S.S.
Ilmu Administrasi Negara S1 S.A.P.
Sistem Informasi S1 S.Kom.
Teknik Informatika S1 S.Kom.
Teknik Industri S1 S.T.

Sesuai dengan SK Mendiknas RI No. 161/D/O/2008. Dengan diterbitkannya SK Mendiknas tentang penyelenggaraan program pendidikan tinggi di atas, maka Universitas Putera Batam tidak perlu melaksanakan Ujian Negara dan diperlakukan sama dengan Perguruan Tinggi Negeri.

Visi

Menjadi salah satu Universitas Swasta terkemuka di bidang Technopreneurship dengan nilai kemandirian dan profesional di tingkat nasional pada tahun 2028.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bermutu tinggi.
  2. Menyelenggarakan penelitian sesuai dengan kepentingan masyarakat dan bangsa.
  3. Menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi guna memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  4. Menjalin kerja sama dengan para stakeholders dalam rangka peningkatan mutuperguruan tinggi.
  5. Menempatkan prinsip-prinsip TIK sebagai dasar pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya yang profesional dengan penggunaan sistem informasi dan data yang efektif.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dengan pola piker kepemimpinan yang profesional.
  2. Meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan, teknologi, sosial dan humaniora guna untuk mendorong kemajuan bangsa dengan menanam kesadaran bahwa setiap orang mempunyai kemampuan untuk bermanfaat.
  3. Memberdayakan masyarakat melalui pengembangan konsep pemecahan masalah dengan menggunakan metode ilmiah dan perbaikan diri yang terusmenerus.
  4. Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengkoordinasi berbagai sumber daya internal dan eksternal, dari instansi pemerintah maupun swasta yang ada di dalam dan luar negeri.
  5. Meningkatkan kualitas dan kinerja tridarma perguruan tinggi dengan pemanfaatan TIK yang setinggi-tingginya.

Strategi Pengembangan

  1. Pengembangan mutu sumber daya manusia dalam pengelolaan kelembagaan dan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
  2. Penciptaan atmosfir yang kondusif bagi penerapan good governance dalam penyelenggaraan program dan administrasi pembangunan.
  3. Peningkatan jaringan kerjasama dan partisipasi masyarakat dalam pengembangan Universitas Putera Batam.

Kerja Sama