Tiga (3) Skill yang Paling Dibutuhkan Perusahaan di Masa Covid-19

[Tanggal Kegiatan : 15/10/2020]

Pandemi Covid-19 memberikan banyak pengaruh pada cara kerja perusahaan, termasuk kemampuan pekerja atau skill yang dibutuhkan. Terdapat sejumlah skill yang paling dibutuhkan  oleh perusahaan selama pandemi Covid-19. Kemampuan ini dapat membuat Anda diterima bekerja di sebuah perusahaan di antara ribuan pelamar lainnya. Bagi yang sudah bekerja, kemampuan ini dapat menjadi nilai tambah yang membuat Anda terhindar dari pemutusan hubungan kerja (PHK).

Untuk meningkatkan peluang diterima bekerja, Anda dapat meningkatkan skill yang dicari perusahaan di masa pandemi. Berikut skill yang paling dibutuhkan oleh perusahaan di masa pandemi Covid-19 :

1. Kemampuan menggunakan teknologi

Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan menuju era digital di mana informasi menyebar begitu cepat dengan bantuan teknologi yang ada. Kecanggihan teknologi menimbulkan dampak positif maupun negatif tergantung dari bagaimana menyikapi atau memanfaatkan teknologi dan isi informasi yang disebarkan.

Setiap pencari kerja harus memiliki kemampuan menggunakan teknologi dan internet. Di masa pandemi, perusahaan banyak menerapkan work from home atau bekerja dari rumah sehingga semua komunikasi beralih secara online. Para pekerja harus mampu menggunakan komputer, mengoperasikan aplikasi meeting online dan sebagainya.

2. Kemampuan menggunakan media sosial

Perkembangan dunia digital yang pesat menuntut setiap pekerja juga mampu menggunakan media sosial. Meningkatnya penggunaan media sosial membuat Social Media Specialist menjadi salah satu profesi yang banyak dicari perusahaan di era digital seperti sekarang.

Keberadaannya memainkan peran penting dalam menunjang kebutuhan perusahaan seperti untuk menciptakan hubungan dengan pelanggan, branding dan dalam hal strategi pemasaran.  Keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap social media specialist seperti mahir design, kreativitas, mengetahui strategi pemasaran dan periklanan seperti promosi untuk mendapatkan suatu branding dalam perusahaan. 

3. Kemampuan berbahasa

Setiap orang wajib bergelut dalam dunia globalisasi jika ingin berkembang dan tidak berjalan di tempat. Dengan menguasai Bahasa Asing seseorang dapat berkomunikasi lebih jauh, sehingga wawasannya dalam teknologi informasi sendiri akan lebih terbuka dan pastinya memiliki modal besar untuk melangkah dalam dunia yang kemajuan teknologinya selalu bergerak maju.

Di era globalisasi, kemampuan berbahasa asing sangat dibutuhkan oleh perusahaan dan yang saat ini banyak dicari diantaranya bahasa Inggris, Prancis, Mandarin, dan Jepang.

Menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris kini hampir selalu menjadi persyaratan bekerja di perusahaan-perusahaan. Tidak hanya perusahaan asing, namun kini banyak perusahaan lokal yang ternyata juga menerapkan persyaratan khusus yang satu ini.

Kemampuan-kemampuan ini juga harus ditunjukkan dalam aplikasi saat melamar pekerjaan, misalnya di dalam curriculum vitae (CV). CV menjadi patokan perusahaan saat menerima lamaran. CV yang menunjukkan kemampuan pelamar akan meningkatkan peluang untuk dipanggil wawancara dan juga diterima bekerja. (AA)
 
Sumber: www.cnnindonesia.com

Kerja Sama