Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

[Tanggal Kegiatan : 18/07/2020]

Ditengah pandemi covid 19 ini tidak menghalangi Universitas Putera Batam untuk mengupgrade ilmu pengetahuan mahasiswa, salah satunya adalah melalui kegiatan webinar yang bertema “Adaptasi Bisnis di Masa Pandemi Covid 19”. Webinar yang dilaksanakan secara daring melalui Microsoft Teams ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 18 Juni 2020 dibuka oleh Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan yaitu Bapak Karol Teovani Lodan, S.AP., M.AP  dengan menghadirkan 3 pemateri yang sangat kompeten dibidangnya. Para pemateri yakni Bapak Gunawan (Kepala Tim Pengembangan Ekonomi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepuluan Riau), Ibu Lisya Anggraini adalah Direktur Esekutif Al Ahmadi Enterpreneurship Center (AEC), dan Bapak Eko Syaiful Arifin (Founder BASE Incubator). Tujuan webinar untuk memberikan analisa strategi bertahan maupun peluang bisnis di masa pandemi covid-19.

Materi mengenai penggunaan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) sebagai pengganti uang tunai untuk bertransaksi disampaikan oleh Bapak Gunawan. Pembayaran elektronik ini (QRIS) merupakan standarisasi pembayaran pembayaran menggunakan metode QR Code  yang dapat dilakukan dengan lebih mudah, cepat dan terjaga keamanannya. Ibu Lisya, menjelaskan tentang bagaimana berbisnis dan memperhankannya dimasa new normal. Pada setiap krisis masih ada kesempatan untuk berbisnis, tetapi tergatung dari sudut padang pelaku bisnis itu sendiri yaitu bisnis yang dapat mengakomodir kebutuhan orang banyak. Sedangkan Bapak Eko Syaiful Arifin secara lugas menambah pengetahuan mahasiswa tentang konsep bisnis baru pada masa pandemi ini yaitu melalui bisnis digital. Ada tiga alasan kenapa harus bisnis digital saat pendemi ini yang gaya hidup, perilaku konsumen dan disruptive. 

Kegiatan yang diakhiri pada pukul 17.00 Wib ini semoga dapat memberikan pengetahuan bagi para mahasiswa yang sedang berbisnis atau akan berbisnis di masa pandemic covid-19 dengan memanfaatkan analisa strategi dari masing-masing narasumber. (EH)

Kerja Sama