Gerbang Perilaku Hidup Sehat, 'New Normal' Pandemi Corona

[Tanggal Kegiatan : 22/05/2020]

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan, virus corona mungkin tak akan pernah pergi. Karena itu Direktur Eksekutif Program Kedaruratan WHO Mike Ryan meminta setiap negara tetap waspada. Sebab kapan berakhirnya pandemi ini masih sulit diprediksi dan perlu upaya keras mengembalikan ke kondisi normal sebelum virus penyebab Covid-19 ini mewabah. Yang perlu dilakukan adalah melakukan penyesuaian di pelbagai lini atau, menciptakan new normal (normal yang baru).

Sejumlah ahli serta dokter memprediksi normal baru yang muncul adalah perilaku masyarakat yang bakal kian terbiasa menerapkan gaya hidup sehat.  lambat laun orang akan terbiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Di antaranya mencuci tangan dengan sabun secara rutin.Kebiasaan positif lain yang muncul di tengah wabah corona ini adalah orang jadi sering mengonsumsi air putih.

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), sederhana, bukan hal baru tapi gara-gara Covid-19, kita jadi belajar kembali dan melakukan kembali PHBS. Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun menjadi salah satu yang dianjurkan para pakar kesehatan untuk semua orang usai berkegiatan terutama di luar rumah.

Jika tak memungkinkan, cairan pembersih tangan bisa menjadi pilihan. Cara ini disebut salah satu yang ampuh untuk menangkal virus corona masuk ke tubuh.Kebiasaan baik lainnya yang juga muncul karena Covid-19, sebagian orang lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah serta menjadi lebih sering berolahraga bahkan sekedar berjemur.

kebiasaan pencegahan virus corona ini bisa menjadi titik awal untuk penerapan perilaku hidup bersih dan sehat untuk seterusnya. Dengan begitu, masyarakat akan lebih konsisten dan disiplin menjaga kebersihan diri juga lingkungan

Sumber :
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200519135406-255-504904/gerbang-perilaku-hidup-sehat-new-normal-pandemi-corona

Kerja Sama