Tips Belajar dan Bekerja dari Rumah

[Tanggal Kegiatan : 30/03/2020]

1. Tentukan waktu untuk bekerja dan belajar
Pengaturan waktu menjadi hal esensial untuk meningkatkan produktivitas. Bukan berarti bekerja dari rumah bikin kamu melakukan pekerjaan sesuka hati. Tetaplah bangun pagi. Atur jam kerja atau belajar dan patuhi waktu tersebut untuk fokus melakukan pekerjaan. Misalnya, membagi waktu bekerja selama 90 menit kemudian selingi dengan istirahat 10-15 menit. Jangan lupakan waktu untuk makan siang. Waktu istirahat ini penting untuk merelaksasi pikiran dan membuatmu kembali fokus.

2. Atur pekerjaan dari yang paling mendesak  
Agar tidak tergesa-gesa dalam melakukan pekerjaan, sebaiknya kamu planning terlebih dahulu apa saja yang harus dikerjakan. Dari situ, kamu bisa memilih mana pekerjaan mendesak yang harus segera didahulukan dan mana pekerjaan yang bisa kamu lakukan nanti. Tips satu ini akan membuatmu lebih tertata dalam melakukan pekerjaan sehingga tidak akan merasa tertekan karena dikejar-kejar deadline.

3. Ciptakan ruang kerja atau belajar yang kondusif
penting untuk menciptakan suasana bekerja yang kondusif. Pilih ruangan yang tenang, tutup pintu untuk menghindari potensi gangguan agar kamu tetap fokus. Kalau bisa, hindari bekerja di tempat tidur karena ini malah bikin kamu terlalu nyaman hingga kurang serius dalam bekerja, bahkan mengantuk.

4. Tetap jalin komunikasi
Bekerja atau belajar dari rumah bukan berarti kamu harus menyelesaikan semuanya sendiri. Jangan ragu untuk berdiskusi bila memang kamu membutuhkannya. Atur waktu yang pas dan pilih media komunikasi yang tepat, baik itu hanya melalui email, telepon, atau bahkan melakukan video call. Hal ini penting agar tidak terjadi kesalahpahaman saat kamu mengerjakan tugas.

5. Disiplin dalam menerapkan aturan yang kamu buat
Meskipun kamu sudah memiliki planning bekerja yang baik, bila tidak disiplin menerapkannya, ya percuma. Untuk memacu dirimu sendiri agar menaati aturan, kamu bisa menerapkan reward dan punishment.

6. Hindari hal-hal yang bisa membuat fokus teralihkan
Matikan notifikasi media sosial dan jauhi hal-hal kecil yang bisa bikin fokusmu teralihkan.  Meskipun kesannya sepele, hal kecil ini bisa membuat fokus berkurang sehingga kamu bekerja lebih lambat. Hasilnya, kamu merasa pekerjaan tak kunjung selesai. Jadi, pastikan untuk menepati waktu bekerja yang sudah kamu tentukan

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200319165100-277-485059/cara-meningkatkan-produktivitas-saat-work-from-home

https://www.idntimes.com/life/career/ulfa-luthfia-hidayatty/tips-produktif-saat-bekerja-dan-belajar-dari-rumah/full

Kerja Sama